Tarekat
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (Belum Diperiksa, Artikel ini adalah bagian dari seri Islam)
Tarekat (bahasa Arab: Ṭarīqah طريقة; jamak طرق; ṭuruq) berarti “jalan” atau “metode”, dan mengacu pada aliran kegamaan tasawuf atau sufisme dalam Islam. Ia secara konseptual terkait dengan ḥaqīqah atau “kebenaran sejati”, yaitu cita-cita ideal yang ingin dicapai oleh para pelaku aliran tersebut. Seorang penuntut ilmu agama akan memulai pendekatannya dengan mempelajari hukum Islam, yaitu praktik eksoteris atau duniawi Islam, dan kemudian berlanjut pada jalan pendekatan mistis keagamaan yang berbentuk ṭarīqah. Melalui praktik spiritual dan bimbingan seorang pemimpin tarekat, calon penghayat tarekat akan berupaya untuk mencapai ḥaqīqah (hakikat, atau kebenaran hakiki).
Arti tarekat
Kata tarekat berasal dari bahasa Arab thariqah, jamaknya tharaiq, yang berarti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara, (2) Metode, system (al-uslub), (3) mazhab, aliran, haluan (al-mazhab), (4) keadaan (al-halah), (5) tiang tempat berteduh, tongkat, payung (‘amud al-mizalah).
Menurut Al-Jurjani ‘Ali bin Muhammad bin ‘Ali (740-816 M), tarekat ialah metode khusus yang dipakai oleh salik (para penempuh jalan) menuju Allah Ta’ala melalui tahapan-tahapan/maqamat.
Dengan demikian tarekat memiliki dua pengertian, pertama ia berarti metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Tuhan. Kedua, tarekat sebagai persaudaraan kaum sufi (sufi brotherhood) yang ditandai dengan adannya lembaga formal seperti zawiyah, ribath, atau khanaqah.
Bila ditinjau dari sisi lain tarekat itu mempunyai tiga sistem, yaitu: sistem kerahasiaan, sistem kekerabatan (persaudaraan) dan sistem hirarki seperti khalifah tawajjuh atau khalifah suluk, syekh atau mursyid, wali atau qutub. Kedudukan guru tarekat diperkokoh dengan ajaran wasilah dan silsilah. Keyakinan berwasilah dengan guru dipererat dengan kepercayaan karamah, barakah atau syafa’ah atau limpahan pertolongan dari guru.
Pengertian diatas menunjukkan Tarekat sebagai cabang atau aliran dalam paham tasawuf. Pengertian itu dapat ditemukan pada al-Thariqah al-Mu’tabarah al-Ahadiyyah, Tarekat Qadiriyah, Tarekat Naksibandiyah, Tarekat Rifa’iah, Tarekat Samaniyah dll. Untuk di Indonesia ada juga yang menggunakan kata tarekat sebagai sebutan atau nama paham mistik yang dianutnya, dan tidak ada hubungannya secara langsung dengan paham tasawuf yang semula atau dengan tarekat besar dan kenamaan. Misalnya Tarekat Sulaiman Gayam (Bogor), Tarekat Khalawatiah Yusuf (Suawesi Selatan) boleh dikatakan hanya meminjam sebutannya saja.
Empat tingkatan spiritual
Bagan yang menggambarkan kedudukan tarekat dalam empat tingkatan spiritual (syari’ah, tariqah, haqiqah, dan ma’rifah yang dianggap tidak terlihat)
Kaum sufi berpendapat bahwa terdapat empat tingkatan spiritual umum dalam Islam, yaitu syari’at, tariqah, haqiqah, dan tingkatan keempat ma’rifat yang merupakan tingkatan yang ‘tak terlihat’. Tingkatan keempat dianggap merupakan inti dari wilayah hakikat, sebagai esensi dari seluruh tingkatan kedalaman spiritual beragama tersebut.
Tarekat-tarekat di dunia:
Berikut ini adalah tarekat-tarekat tradisional yang utama:
- Tarekat Idrisiyah
- Tarekat Khalwatiyah
- Tarekat Naqsyabandiyah
- Tarekat Rifa’iah
- Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah
- Tarekat Qodiriyah
- Tarekat Samaniyah
- Tarekat Shiddiqiyyah
- Tarekat Syadziliyah
- Tarekat Syattariyah
- Tarekat Tijaniyah
Lihat pula:
- Mistisisme
- Suluk
- Salik
- Sufisme
Tariqa
From Wikipedia, the free encyclopedia (This article is part of the series Islam)
A tariqa (Arabic: طريقة Ṭarīqa; pl. طرق; ṭuruq, Persian: tariɢat, Turkish: tarikat; alternate spelling, tariqah meaning “way, path, method”) is an Islamic religious order. In Sufism one starts with Islamic law, the exoteric or mundane practice of Islam and then is initiated onto the mystical path of a tariqa. Through spiritual practices and guidance of a tariqa the aspirant seeks ḥaqīqah – ultimate truth.
Meaning
A tariqa is aschoolofSufism. A tariqa has a murshid (guide) who plays the role of leader or spiritual director of the organization. A tariqa is a group of murīdīn (singular murīd), Arabic for desirous, desiring the knowledge of knowing God and loving God (also called a faqīr Arabic: فقير, another Arabic word that means poor or needy, usually used as al-Faqīr ilá l-Lāh, “the needy to God’s knowledge (الفقير إلى الله)).
Nearly every tariqa is named after its founder and is referred to by a nisba formed from the founder’s name. For example, the “Rifai order”, named after Sheikh Ahmad ar-Rifai, is called the “Rifaiyyah”, the “Qādirī order”, named after Shaykh `Abd al-Qādir al-Jīlānī, is called the “Qadiriyya”. Often, ṭuruq are offshoots of another tariqa. For example, the Qadri Al-Muntahi order is an offshoot of the Qadiriyya order founded by Riaz Ahmed Gohar Shahi, the Jelveti order is an offshoot of the Bayrami order founded by Hacı Bayram-ı Veli who are an offshoot of the zahidiyye founded by Pir Zahid al-Gaylani. The Khalwati order are a particularly splintered order with numerous offshoots such as the Jerrahī, Sunbulī, Nasuhī, Karabashiyya and others, the Tijaniyyah order prevalent in West Africa also has its roots in this ṭarīqa.
Khalif
In most cases the sheikh nominates his khalīf or “successor” during his lifetime, who will take over the order. In rare cases, if the sheikh dies without naming a khalīf, the students of the ṭarīqa elect another spiritual leader by vote. In some orders it is recommended to take a khalīf from the same order as the murshid. In some groups it is customary for the khalīfa to be the son of the sheikh, although in other groups the khalīfa and the sheikh are not normally relatives. In yet other orders a successor may be identified through the spiritual dreams of its members.
Tarīqas have silsilas (Arabic: سلسلة) “chain, lineage of sheikhs”. Almost all orders except the Naqshbandi order claim a silsila that leads back to Muhammad through ‘Alī. (The Naqshbandi Silsila goes back to Abu Bakr the first Caliph of Sunni Islam and then Muhammad.) Many silsilas contain the names of Shī‘ah Imams.
Every murid, on entering the ṭarīqa, gets his ‘awrād, or daily recitations, authorized by his murshid (usually to be recited before or after the pre-dawn prayer, after the afternoon prayer and after the evening prayer). Usually these recitations are extensive and time-consuming (for example the awrād may consist of reciting a certain formula 99, 500 or even 1000 times). One must also be in a state of ritual purity (as one is for the obligatory prayers to perform them while facingMecca). The recitations change as a student (murid) moves from a mere initiate to other Sufi degrees (usually requiring additional initiations).
Being mostly followers of the spiritual traditions of Islam loosely referred to as Sufism, these groups were sometimes distinct from the ulema or officially mandated scholars, and often acted as informal missionaries of Islam. They provided accepted avenues for emotional expressions of faith, and the Tarīqas spread to all corners of the Muslim world, and often exercised a degree of political influence inordinate to their size (take for example the influence that the sheikhs of the Safavid had over the armies of Tamerlane, or the missionary work of Ali Shair Navai in Turkistan among the Mongol and Tatar people).
Tariqas around the world
The tariqas were particularly influential in the spread of Islam in the sub-Sahara during the 9th to 14th centuries, where they spread south along trade routes betweenNorth Africaand the sub-Saharan kingdoms ofGhanaandMali. On the West African coast they set up Zāwiyas on the shores of the riverNigerand even established independent kingdoms such as al-Murābiṭūn or Almoravids. The Sanusi order were also highly involved in missionary work in Africa during the 19th century, spreading both Islam and a high level of literacy into Africa as far south as Lake Chad and beyond by setting up a network of zawiyas where Islam was taught. Much of centralAsiaand southernRussiawas won over to Islam through the missionary work of the ṭarīqahs, and the majority ofIndonesia’s population, where a Muslim army never set foot, was converted to Islam by the perseverance of both Muslim traders and Sufi missionaries.
Tariqas were brought toChinain the 17th century by Ma Laichi and other Chinese Sufis who had studied inMeccaandYemen, and had also been influenced by spiritual descendants of the Kashgarian Sufi master Afaq Khoja. On the Chinese soil the institutions became known as menhuan, and are typically headquartered near the tombs (gongbei) of their founders.
A case is sometimes made[who?] that groups such as the Muslim Brotherhoods (in many countries) and specifically the Muslim Brotherhood of Egypt (the first, or first known), are modern inheritors of the tradition of lay tariqa in Islam. This is highly contentious since the turuq were Sufi orders with established lineages while the Muslim Brotherhood is a modern, rationalist tradition. However, the Muslim Brotherhood’s founder, Hassan al Banna, did have a traditional Islamic education (his family were Hanbali scholars) and it is likely that he was initiated into a tariqa at an early age.
Certain scholars, e.g., G. H. Jansen, credit the original tariqas with several specific accomplishments:
1.Preventing Islam from becoming a cold and formal doctrine by constantly infusing it with local and emotionally popular input, including stories and plays and rituals not part of Islam proper. (A parallel would be the role of Aesop relative to the Greek mythos.)
2.Spreading the faith in east Asia and sub-SaharanAfrica, where orthodox Islamic leaders and scholars had little or no direct influence on people.
3.Leading Islam’s military and political battles against the encroaching power of the Christian West, as far back as the Qadiri order of the 12th century.
The last of these accomplishments suggests that the analogy with the modern Muslim Brotherhoods is probably accurate, but incomplete.
Orders of Sufism
It is important to note that membership of a particular Sufi order was not exclusive and cannot be likened to the ideological commitment to a political party. Unlike the Christian monastic orders which are demarcated by firm lines of authority and sacrament, Sufis often are members of various Sufi orders. The non-exclusiveness of Sufi orders has important consequences for the social extension of Sufism. They cannot be regarded as indulging in a zero sum competition which a purely political analysis might have suggested. Rather their joint effect is to impart to Sufism a cumulant body of tradition, rather than individual and isolated experiences.
Definisi: tirakat
1. 1 Menahan hawa nafsu (spt berpuasa, berpantang); 2 mengasingkan diri ke tempat yg sunyi (di gunung dsb): ia mempunyai kegemaran — dan bergaul dng masyarakat kecil; ti·ra·kat·an v melakukan tirakat: malam itu ia tidak hadir dl acara ~ di kampungnya
#1. tirakat
Usaha menyucikan diri dengan puasa dan ibadah secara terus-menerus selama beberapa waktu. tujuannya adalah untuk meraih ketenangan batin, mendapatkan pencerahan dalam menjalani hidup atau untuk maksud-maksud tertentu.
Mantan Preman: “Saya mau kembali ke jalan yg benar, Pak”
Pak Haji: “Kamu harus tirakat, puasa seminggu berturut-turut dan tinggal di mesjid agar hati kamu kembali bersih”
#2. tirakat
Tirakat itu asalnya dari bahasa arab thariqah yang artinya jalan. Atau bisa juga tindakan atau amalan rutin seperti bacaan doa, mantra, pantangan, puasa atau gabungan dari kelima unsur tersebut sebagai jalan untuk mencapai pencerahan spiritual atau elmu tertentu
Kakek menjalani tirakat puasa setiap hari jum”at kliwon.
TIRAKAT
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah tirakat yang bermaksud mendekatkan diri kepada tuhan, berupa perilaku, hati dan pikiran.
Tirakat adalah bentuk upaya spiritual seseorang dalam bentuk keprihatinan jiwa dan badan untuk mencapai sesuatu dengan jalan mendekatkan diri kepada tuhan.
Berpuasa temasuk salah satu bentuk tirakat , dengan berpuasa orang menjadi tekun dan kelak mendapat pahala, orang jawa kejawen menganggap bertapa adalah suatu hal penting. Menurut kesusastraan jawa orang yang bertahun-tahun berpuasa dianggap sebagai orang keramat. Karena dengan bertapa orang dapat menjalankan kehidupan yang ketat ini dengan tinggi. Serta mampu menahan hawa nafsu sehingga tujuan-tujuan yang penting dapat tercapai, selain puasa kegiatan tirakat lainnya adalah meditasi dan semedhi.
Menurut Koentjaraningrat meditasi dan semedi biasanya dilakukan bersama-sama dengan tapa brata , yang dilakukan ditempat-tempat yang dianggap keramat missal gunung, makam leluhur, ruang yang memiliki nilai keramat dsb. Pada umumnya orang yang melakukan meditasi adalah untuk mendekatkan diri dengan tuhan.
Adabeberapa bentuk puasa dan tirakat misalnya:
- tidak tidur semalam suntuk/ pati geni tidak boleh keluar kamar semalam suntuk, tidak boleh tidur dan makan minum.
- puasa senin kamis
- mutih mulai dari kemampuan satu hari hingga 40 hari hanya makan nasi putih dan minum air putih sedikit pada saat matahari terbenam.
- ngeruh yaitu hanya boleh makan sayur dan buah , dilarang yang bernyawa.
- ngebleng yaitu tidak keluar kamar sehari semalam , tidak ada lampu, hanya keluar saat buang air kecil, tidak boleh tidur, makan dan minum
- nglowong hanya makan tertentu dengan waktu tertentu tidur hanya 3 jam
- ngrowot hanya boleh makan satu jenis buah maksimal 3 buah dari subuh sampai magrib.
- nganyep/ ngasrep boleh makan sembarang tapi yang tidak ada rasanya dan harus didinginkan sedingin dinginnya.
- ngidang hanya boleh minum air putih dan daun. Lainnya tidak boleh.
- ngepel hanya makan nasi sehari satu kepal sampai 3 kepal saja.
- wungon tidak boleh makan minum dan tidak tidur selama 24 jam
- ngalong , puasa ngrowot sambil menggantung di atas pohon dengan posisi kaki diatas kepala dibawah / sungsang.
- topo jejeg yaitu tidak boleh duduk selama 12 jam
- lelono melakukan perjalanan malam jam 12 sampai jam 3 untuk mawas diri atas kesalahan yang diperbuat selama ini.
- kungkum yaitu puasa bersila dalam sungai yang ketemu dua arusnya mulai jam 12 malam sampai jam 3 atau jam 4 pagi.
- topo pendem / ngluwang yaitu puasa dikubur hidup-hidup hanya deberi jalan nafas, biasanya selama 3 hari atau 7 hari, pertaruhannya nyawa dan hasilnya adalah mampu menghilangkan tubuh dari pandangan orang atau melihat jelas dengan mata telanjang orang/ mahluk – mahluk ghoib.
Secara umum bertirakat / berpuasa harus dimulai dengan mandi keramas / bersuci dan niat dalam hati untuk mendekatkan diri pada tuhan. (budaya jawa)
Tirakat
Hari pertama puasa. Bukan hari yang istimewa karena saya telah dua puluh tahun melakukannya. Kalaupun ada yang berbeda (meniru apa yang biasa ditampilkan infotainment) ini puasa pertama saya bersama suami. Bedanya ya hanya terletak pada urusan masak-memasak. Hal-hal lain tetap saja tidak berbeda dengan apa yang saya lakukan tahun-tahun sebelumnya.
Tadi malam saya tidur jam dua belas dan sudah terbangun jam setengah dua. Padahal rencanaya saya baru akan bangun jam setengah empat untuk memasak sebentar lalu makan sahur. Hari ini imsak jatuh jam setengahlima. Tapi ternyata suara teriakan-teriakan orang sudah terdengar sejak jam setengah dua. Suaranya dekat, karena mereka berkeliling di depan rumah di Kalibata. Teriakan “Sahur! Sahur!” sahut menyahut tak karuan. Diselingi dengan suara bambu dan tiang listrik yang dipukul-pukul.
Tiga tahun lalu, saat saya pertama kali tinggal di Jakarta, saya terkejut dengan cara penanda sahur yang menurut saya berlebihan. Di Rawamangun, masjid kompleks perumahan sudah memberikan penanda sejak jam dua malam. Melalui pengeras suara masjid, suara laki-laki terdengar ke semua rumah di kompleks, mengingatkan kalau sekarang sudah jam dua dan sebentar lagi waktu sahur tiba.
Saya membandingkan dengan penanda sahur di desa saya. Orang di masjid mengingatkan sahur saat sudah jam tiga. Anak-anak yang berkeliling juga baru berkeliling jam setengah tiga. Semuanya dengan suara yang lembut, enak didengar. Padahal penduduk desa saya mayoritas adalah muslim. Teriakan sahur tidak akan pernah dianggap sebagai gangguan oleh orang-orang. Tapi justru di Jakarta, kota dimana orang-orang dengan berbagai kepercayaan bercampur seperti salad, penanda sahur dilakukan dengan begitu agresif dan memakan banyak waktu. Saya berpikir, kalau saya saja yang melaksanakan puasa terganggu, bagaimana dengan orang-orang yang tidak melaksanakannya?
Bagi saya, puasa adalah sebuah kontemplasi. Perenungan dan juga meditasi. Ini adalah sebuah kegiatan pribadi, dimana saya sedang berdialog dengan diri saya sendiri sambil meyakini ada kekuatan Ilahi yang sedang membimbing kami. Semuanya dilakukan diam-diam, lirih berbisik-bisik, bahkan seringkali sembunyi-sembunyi.
Besar dalam keluarga Jawa yang masih memegang tradisi, puasa telah menjadi bagian kental dalam kehidupan keluarga kami. Puasa adalah laku spiritualitas untuk mencapai kekayaan batin, juga tirakat sebagai bagian dari perjuangan mencapai apa yang diinginkan. Puasa bagi kami bukan hanya sebulan saat Ramadan, tapi sepanjang waktu.
Ketika ajaran agama memberikan pengaruh besar dalam kehidupan kami, puasa di luar Ramadan salah satunya menjelma dalam puasa yang dilakukan di hari Senin dan Kamis. Semuanya dilakukan diam-diam, kadang sembunyi-sembunyi. Sungguh, saya berulang kali menolak ajakan makan di hari Senin dan Kamis dengan berkata, “Saya sudah makan.” Ada rasa malu dan kikuk kalau saya harus menjawab, “Saya sedang puasa,” karena kalimat itu akan sama artinya dengan, “Saya sedang tirakat.”
Sebagai laku tirakat, dalam puasa saya dengan sadar mengendalikan segala diri dan keinginan. Saya dengan sadar, mengambil posisi meditasi dan berkontemplasi di saat sekitar saya begitu berisik dan penuh godaan. Puasa justru menguatkan saya untuk menantang semuanya. Bukan dengan manja meminta orang di sekitar saya untuk tidak makan, tidak berpesta, demi menghormati puasa saya.
Puasa, sebagaimana ibadah-ibadah lain yang diajarkan dalam kitab suci, merupakan cara yang diajarkan Tuhan agar manusia bisa meningkatkan kualitasnya. Baik kualitas dalam mengolah rasa, mengolah pemikiran, dan mengasah religiusitas. Saya puasa dan sholat, agar saya senantiasa ingat saya hanya bagian kecil saja dari sebuah kekuatan yang maha dahsyat. Puasa dan sholat, membantu saya untuk bisa lebih menahan emosi, berkonsentrasi, memandang setiap hal dari sisi yang berbeda. Puasa dan sholat menjadi cara saya untuk mengendalikan diri, mempertimbangkan setiap apa yang saya maui.
Konsep puasa Ramadan sendiri menurut kitab suci adalah sebuah ibadah untuk Tuhan. Tapi alih-alih bisa ikhlas melakukanya untuk Tuhan, kadang saya malah ikut terjebak dalam hitung-hitungan pahala dan dosa. Berpuasa sembari berhitung banyaknya pahala yang telah saya kumpulkan.
Padahal, saya tak terlalu percaya pada rumusan pahala dan dosa. Karena jika pahala atau dosa bisa dihitung sebagaimana saya menghitung simpanan uang di bank, tentu akan sangat gampang untuk melakukan perhitungan dengan Tuhan. Saya akan bertanya, berapa pahala minimal agar saya bisa masuk sorga. Kalau Tuhan berkata seribu, saya tinggal mengumpulkan angka itu sepanjang hidup saya, lalu sim salabim saya akan masuk surga.
Sungguh, saya tidak sedang berhitung soal pahala dan dosa. Saya hanya sedang melakukanya untuk diri saya. Sembari menunggu rasa ikhlas untuk Tuhan itu datang dengan sendirinya. Entah kapan.
Tirakat Mbah Muqoyyim saat Hijrah ke Buntet Pesantren
Nama Buntet Pesantren sudah cukup dikenal. Setidaknya oleh kebanyakan masyarakat pesantren diIndonesia. Bahkan pesantren besar di Jawa Barat jika ditelusuri terkait dengan Buntet. Padahal jika mau jujur Buntet itu sendiri sebuah tempat yang sangat kecil, sebuah dusun bahkan bukan desa seperti disangka orang.Adasebuah tirakat (doa) yang dilakukan oleh pendiri Buntet saat hijrah ke tanah ini dan diduga kuat berusaha meniru hijrah Rasulullah saw dalam membangunkotaMadinah. Masa sih?
Sebelum kami membahas tirakat Mbah Muqoyyim, kita perlu mengingat kembali sejarah duakotayang paling banyak dikunjungi karena kemuliaannya: Makkah dan Madinah. Nabi Muhammad saw menyebut duakotaini dengan sebutan “tanah haram” seperti ditulis Syekh Maliki Al Husaini, mengutip hadits Rasulullah saw:
Inna ibrahim harrama makkah wainni harromal madinah. ” Sesungguhnya, Nabi Ibrahim A.S. memiliki Mekkah sebagai tanah haramnya, dan Madinah sebagai tanah haramku (Nabi saw). Jadi tanah haram itu bukan bikinan atau sebutan orang belakangan tetapi dari sabda Rasul saw. Baru kemudian orang menyebutkan dua tanah mulia itu dengan sebutan haromain.
Yastrib bermakna fasad (rusak)
Menurut penuturan Habib Maliky (ibid), dunia itu ada tiga titik. Satu titik ada di Madinah yang dulunya disebut Yatsrib. Rasulullah saw bersabda: “Orang yang sekarang menyebut kata Yatsrib harus istighfar kepada Allah. (al-hadits riwayat Imam Ahmad ). Karena penyebutan Yatsrib itu tidak dikehendaki oleh Rasulullah. Sebab Yatsrib searti dengan rusak, celaka, caci maki.” Karenannya digantilah Yatsirb itu dengan Madinah.Kotaagama,kotahijrah dan lain-lain.
Ketika Nabi hijrah kesana, ada dua kelompok besar:
- Orang yang hijrah ke Madinah karena menghindar
- Karena mencari wanita. (ada yang cari wanita ada yang dunia dll)
Dari hal itu kemudian Nabi saw “menyindir” seperti yang tertulis dalam hadis yang sangat tenar, innamal a’malu binniyati … waman kanat hijrotuhu … Lahirnya hadits ini, konon, karena ketka itu di Madinah ada seorang janda yang cantik sekali. Kemasyhurannya itu hingga ke Makkah. Makanya rame sekali saat Nabi Hijrah. Namanya adalah Umruul Qois.
Barang siapa yang datang di Madinah. Kemudian memakan makanan darisana, banyak minum maka ia mendapatkah keberkahan. Bukan tanpa alasan, menikmati makanan dari Madinah itu memiliki keberkahan dari tanah disana. Salah satu yang adalah korma ajwah. Orang yang makan hingga 7 butir maka dijamin.
Kenapa Berkah
Karena Nabi saw secara khusus berdoa untuk “keberkahan”kotaMadinah sendiri secara langsung.
والمدينة المنورة بلدة مباركة الطعام والشراب، لأن النبي صلى الله عليه وسلم دعا لاهلها بالبركة في صاعهم ومدهم ومكيالهم، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن الدجال لا يطاء مكة ولا المدينة وأنه يجيء ينزل في ناحية المدينة، فترجف ثلاث رجفات، فيخرج إليه كل كافر ومنافق”
Buntet Pesantren
Adakah kaitan antara tirakat (doa) Mbah Muqoyim bagi tanah Buntet Pesantren dengan cara Nabi saw ketika pertama kali hijrah kekotaMadinah. Dari beberapa cerita menuturkan bahwa kampung Buntet (bukan desa Buntet yang memiliki struktur pemerintah desa) sebelum didirikan pesantren dulunya merupakan tempat yang dianggap “angker”, “jelek” banyak kejahatan di sana. Seperti pesantren lain, berdirinya pondok itu biasanya di atas tanah yang penuh dengan nuansa kejatahan.
Sebagai tokoh ulama yang berdakwa di kerajaanCirebon, namun karena tidak cocok dengan cara-cara petinggi kerajaanCirebonyang terkesan pro penjajah, akhirnya Mbah Muqoyim mengundurkan diri dan mendirikan pesantren di Buntet.
Salah satu upaya yang dilakukan beliau saat hijrah ke Buntet itu mirip seperti yang dilakukan oleh Nabi saw, saat awal-awal datang ke Kota Madinah, yang semula disebut Yatsrib. Jika Nabi saw berdoa untuk Madinah agar diberkahi tanah disana, maka cara Mbah Muqoyim pun juga sama beliau berdoa dan bertirakat namun dengan berpuasa 9 tahun.
Tentu saja karena Mbah Muqoyim merasa doif dibanding Nabi saw. Karenanya, puasa 9 tahun dijalaninya sebagai tirakat doa, penuh kepahitan. Masing-masing tiga tahun itu terdiri dari : puasa 3 tahun untuk keberkahan para santri yang ada di Buntet, 3 tahun berikutnya untuk keluarga dan dan terakhir untuk keberkahan tanah Buntet sendiri.
Yang menarik dari cerita yang berkembang di kalangan keluarga Buntet adalah cara puasan Mbah Muqoyim. Beliau katanya, berbuka dengan “sega aking”, nasi yang dikeringkan. Caranya cukup unik, beliau kalau mau berbuka, dengan pena cocor bebak, pena khas santri zaman dahulu, dimasukkan pena itu ke dalam wadah untuk mengambil nasi aking. Dalam satu kali mengambil berapapun yang didapatnya itulah yang dipakai untuk berbuka.
Dalam pandangan kyai Buntet, perbuatan Mbah Muqoyim ini untuk meghilangkan rasa nikmatnya nasi sehingga menggunakan sega aking yang kering. Karena beliau tidak mau memanjakan jasad. Tapi dalam rangka memanjakan ruh.
Apabila memakan 7 butir qorma ajwa, sihir pun tidak bakal mempan, serperti ditulis dalam satu kitab, maka begitulah Mbah Muqoyim dengan hanya memakan segelintir nasi aking sehingga ruhnya yang lebih sehat ketimbang jasadnya. Namun jangan heran, jika sihirpun juga tidak mempan kepada beliau.
Kehebatan Madinah
Salah satu kehebatan Madinah adalah dari ungkapan Rasulullah saw: Inna daajjala la yaqou ilaa makkah wamadinah: Dajjal tidak akan berani menginjak Makkah dan Madinah. Orang yang pergi haji biasanya satu paket dengan berziarah ke Madinah untuk berkunjung ke Makbaroh Rasulullah saw. Sebab disanakita akan “setor muka” dengan kanjeng Nabi Muhammad saw. Mereka yang mendatangi Rasulullah saw, Insya Allah pasti mendapat syafaat.
Kedua, Madinah itu tidak akan terkena wabah yang ditakutkan di dunia. Misalnya kalau dulu orang menyebut cacar sekarang bernama AIDS/HIV. Penyakit ini tidak bakal ada … sebab Rasulullah saw pun telah bersabda: Laa yadhuluhaa at to’uun, penyakit toun tidak akan sampai disana.
Menurut catatan kitab, penyakit-penyakit itu keluar dari kawah-kawah gunung di sekitarkota. Makanya gunung-gunung di sekitar Madinah sudah dijamin tidak menyebarkan penyakit sebab sudah ditongkrongi oleh para Malaikat. Sampai kapanpn tidak akan pernah menjamahkotamadinah.
Hal ini karena Nabi saw secara langsung berdoa agar gunung itu tidak mengeluarkan penyakit dan menyebarkan penyakit kepada penduduk madinah: Allahumma….. hai penyakit jauhlah kamu hingga 7 kilo.
Keistimewaan lainkotaMadinah adalah Nabi Muhammad saw sangat gemar sekali pergi ke Kubah. Sabda Rosul saw: assolatu fi masjidi quba ka umroh. Solat di masjid quba laksana umroh.
Hikmah Sejarah
Dari catatan tersebut kita mendapatkan sebuah pelajaran yang sangat berharga. Dari kasus Hijrahnya Rasulullah saw ke Madinah telah merubah Madinah sebagaikotayang diberkati. Hal ini karena Rasulullah saw benar-benar peduli dengan tanah yang ditempatinya agar memperoleh keberkahan, terjga dari penaykit dan siapaun yang datang kesanajuga memperoleh berkah.
Hal demikian yang dilakukan oleh Rasulullah saw itu kemudian pada abad ke-18 M ditiru oleh ulamaIndonesiabernama Mbah Moqoyim ketika berhijrah menempati tempat baru bernama Buntet Pesantren. Di tempat baru ini, beliau berdoa untuk keberkahan Buntet: tanahnya, keluarga dan para penduduknya (santri). Beliau berodoa hingga 9 tahun dengan berpuasa.Adapula yang menyebutkan hingga 12 tahun berpuasa untuk dirinya sendiri, namun rasanya tokoh semodel Mbah Muqyim tidak akan memerdulikan kepentingan dirinya. Dirinya sudah kuat, sehingga yang dipikirkan beliau adalah orang lian, dan lingkungannya.
Dari pelajaran tersebut, jika ada orang alim di suatu wilayah lalu wilayah sekitarnya itu tidak ada apa-apa dalam hal bahaya dan segala macam gangguan bagi pendudduknya, itu kita harus yakin, bahwa ulama di wilayah tersebut sudah mendoakannya seperti yang dilakukan Nabi saw. Namun jika ulama (pemimpin) itu tidak mendoakan wilayah sekitarnya maka tentu derajatnya belum mencapai sebutan ustadz/kyai/ulama. Justru kalau bisa mereka itu hendaknya mau meniru akhlaq rosululllah saw.
Tentu bukan bermaksud menyamakan Buntet dengan Madinah, namun kata kunci dari tulisan ini adalah seorang alim yang berada dalam satu wilayah maka ia akan peduli pada lingkungannya. Semata-mata untuk keselmatan umatnya.
Namun kita semua berharap keberkahan yang diupayakan oleh Mbah Muqoyim ratusan tahun yang lalu itu bisa terus bersinergi di Buntet Pesantren hingga sakarang. Sehingga siapaun yang ada di Buntet Pesantren: kelurganya, santri dan penduduknya, di tanah ini terus memberikan siraman kedamaian, baik lahir maupun batin.
Demikian pula, orang-orang yang memasuki Buntet Pesantren menjadi aman, damai dan tentram. Disamping itu, berkat doa-doa para ulama disana, diharapkan keberkahan yang diupayakn Mbah Muqyim dahulu terus-menerus menguat sehingga tidak ada penyakit berhaya baik penyakit fisik maupun batin yang menyebar ke pesantren tercinta kita. Wallahu a’alam.
Tirakat untuk anak agar menjadi anak yang sholeh
Adapepatah yang mengatakan: “Ajarlah anakmu sebaik-baiknya dan berikanlah bekal yang secukupnya untuk menghadapi masa depan, karena masa yang dihadapi anakmu kelak akan sangat jauh beda dengan masamu sekarang ini.” Kurang lebih begitulah bunyi pepatah itu. Apakah artinya ya?
Memang pendidikan anak melalui jalur formal saja tidak cukup. Bahkan kalau menurut Om Bob Sadino, sekolah itu hanya membuat anak semakin bodoh, karena hanya mengajarkan barang basi berupa informasi. Tapi bagaimana kita bisa lepas dari sekolah. Semua orang tua berlomba-lomba menyekolahkan anaknya ke sekolah yang tinggi, dengan harapan suatu saat menjadi orang yang sukses. Tentu saja salah satu ukuran orang sukses adalah kaya secara materi dan dihormati di masyarakat. Apakah itu saja ukuran sukses?
Ya memang saat ini hampir semua orang mengejar materi dalam hidupnya adalah satu-satunya tujuan hidup. Akibatnya mereka melupakan hal paling mendasar yang sebenarnya dicari oleh manusia yaitu kebahagiaan. Akibatnya apa?
Banyak penyakit kejiwaan yang menghinggapi manusia. Rasa kehampaan yang luar biasa, rasa keterasingan dan rasa stress yang berat. Akibatnya banyak diantara mereka yang lari ke narkoba, seks bebas dangayahidup hedonisme, hura-hura dan semau gue.
Sekarang aja gejala seperti itu sudah sangat terasa dan terlihat terang. Apalagi 10 sampai 20 tahun mendatang! Untuk itu anak kita harus mendapat bekal yang lebih baik lagi. Perlu diajarkan caranya berlaku sabar, santun, percaya diri, hormat dan patuh dan tawakal kepada Allah swt. Dan yang nggak kalah pentingnya yaitu kita perlu melakukan tirakat untuk anak-anak kita. Gimana caranya ya?
Salah satu caranya adalah dengan melakukan puasa senin kamis dan sholat malam. Sambil terus berdoa kepada Allah agar anak kita menjadi anak yang sholeh dan berguna bagi banyak orang. Nah gimana pendapat anda?
Tirakat Satu Malam
Hari ini kugariskan hidupku atas perihal yang ingin ku kenang dan yang tak ingin ku ulang. Disini kutorehkan akumulasi kegeramanku atas serentetan kebodohan yang berhasil kuciptakan. Inilah perwujudan dari kontemplasiku yang tak pernah sempurna.
Kuikhlaskan buah dari ikhtiarku menguap seperti butiran keringat yang menghempas gurun karena Dia menginginkannya kembali. Kuizinkan mimpi yang menghadiahiku bahagia dan perih untuk tidak pernah menjadi kenyataan. Kumaafkan semua pihak termasuk diriku sendiri, yang berkonstribusi dalam menyakitiku dan membuat kutukanku mengalir atas ketololanku, demi membasuh luka yang hampir membuatku percaya bahwa Dia sedang bermain kejam denganku. Tundukku pada rencana Sang Pembolak Balik Hati yang selalu penuh tanda tanya besar, walaupun ketetapan Nya sempat menuai protesku.
Demi air mata ibunda yang tumpah pada hari ini aku bersumpah untuk menjadikannya bangga atas setiap hela nafas yang dia habiskan untuk menyebut namaku. Tetap dengan caraku. Cara yang tak pernah dia mengerti. Cara yang hanya aku dan orang-orang yang bersedia melihat jalan pikiranku dari sudut yang berbeda yang bisa memahaminya.
Hari ini kuletakkan apa yang menjadi itikadku kedepan agar kalian, orang-orang yang mengagungkan kepedulian, berhenti menghakimi apa yang kutinggalkan.
Tirakat Untuk Selamat
(By: Sendang Mulyana)
Bila ingin menggembleng diri, yang dilakukan adalah bermacam-macam laku tirakat, biasanya juga disebut puasa atau pasa, misalnya pasa mutih, ngrowot, patigeni, ngebleng 40 hari 40 malam, dan sebagainya. Biasanya disesuaikan dengan tujuan, baik yang bersifat sekadar olah kanuragan maupun rasa-spiritual.
Puasa, tirakat, atau jenis laku lain yang asketik sebenarnya adalah laku personal-spiritual yang tidak mudah dinilai dan dibandingkan tingkat keberatannya. Masing-masing ada aturan mainnya, serta terpulang pada niat dan tujuannya. Berat-ringannya laku spiritual itu bergantung pada kebulatan tekad sejak awal. Fenomena saat ini, banyak orang suka membentur-benturkannya, padahal yang suka membentur-benturkannya itu justru tidak menjalankan keduanya.
Puasa Ramadan tidak dilakukan, tirakat bermacam-macam juga lewat. Pilih yang paling ringan dan enak. Maka, para pinisepuh menilai, generasi sekarang adalah generasi cengeng yang suka menerabas dalam mencapai tujuan. Benar atau tidak, ungkapan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan introspeksi.
Fenomena saat ini, nuansa puasa didominasi keriuhan lahir daripada kekhusyukan batin. Memang kita perlu berbangga, budaya menyemarakkan Ramadan di negeri kita lebih hebat daripada di Timur Tengah. Akan tetapi, keriuhan, kesemarakan, dan kemuliaan itu tentu lebih indah bila linambaran semangat zikir dan tirakat, bukan semangat rutinitas menjalankan syariat.
Ujian
Pada waktu ingin berguru pada Sunan Bonang, Raden Said disuruh untuk menunggui sebuah tongkat di pinggir kali. Ia harus tirakat, tidak boleh minum bila tak ada minuman yang iseng ke bibirnya, tidak boleh makan bila tak ada makanan yang hinggap sendiri ke tenggorokannya, dan pantangan lain yang tidak ringan.
Raden Said sukses menjaga tongkat itu sampai tubuhnya dililit semak-belukar. Kesetiaannya yang luar biasa menjaga tongkat di pinggir kali menjadikan Sunan Bonang bersedia mengangkatnya sebagai murid kinasih, dan Raden Said mendapatkan julukan baru Sunan Kalijaga.
Cerita rakyat tentang Sunan Kalijaga itu sudah sangat populer di masyarakat Jawa. Kecerdasan, kesaktian, kebijaksanaannya meramu ajaran dogmatis dengan nilai-nilai budaya bercampur-baur dengan mitos. Geertz memandang Sunan Kalijaga berhasil menjadi ikon spiritual Islam Jawa.
Berbeda dari masyarakat yang suka mengedepankan mitos daripada mengurai tanda, Pramudya Ananta Toer dalam novel Arus Balik justru menafsirkan simbolisme dalam cerita asal-muasal nama Sunan Kalijaga sebagai ”penjaga Khalik”. Artinya, penjaga nilai ketauhidan, keesaan dan kemahakuasaan Tuhan. Ia dipandang sebagai orang yang konsisten, istikamah, pada tugas keulamaannya.
Intinya adalah diperlukan pembelajaran dan penempaan diri yang kuat untuk bisa menjadi manusia hebat. Dengan demikian, tidak ada faedahnya saling mendiskreditkan satu sama lain yang hanya menghabiskan energi. Puasa Ramadan hakikatnya dapat dikatakan juga sebagai laku tirakat karena sifatnya yang sangat personal. Pada jenis ibadah ini, malaikat tidak ikut campur tangan memberikan penilaian, tidak sibuk mencatat, urusan puasa sangat eksklusif, yakni langsung dengan Tuhan.
Puasa dan tirakat adalah momentum menguji diri. Dalam menguji diri itu tidak diperlukan dewan juri dan tim pengawas yang menakut-nakuti. Suara hati benar-benar menjadi mahkamah paling tinggi. Uniknya, justru saat ujian itu, menjadi kesempatan terindah untuk bermesraan dengan Tuhan, sumber segala gerak dan pemilik segala kekuatan.
Siasat
Pada saat jadi presiden, BJ Habibie dikecam para kritikus gara-gara berkomentar agar masyarakat berpuasa sebagai salah satu solusi menghadapi krisis yang menderaIndonesia. Ia dianggap telah menyabot peran ulama karena tugas pemerintah mestinya adalah membuat formulasi kebijakan strategis untuk mengatasi krisis, bukan khotbah.
Sebenarnya, Habibie berkata jujur. Ia bercermin dari sejarah kehidupannya sendiri. Pada masa sekolah ia suka berpuasa karena keterbatasan dana. Pada saat berkomentar itu, mungkin ia mengalienasikan asumsi bahwa belajar itu perlu makanan bergizi, fasilitas yang memadai, untuk dapat menyerap ilmu dengan baik. Dengan cara berpuasa, banyak tirakat, yang mungkin dianggap konvensional, nyatanya, ia bisa menjadi profesor dan presiden.
Anak sekolah harus berani tirakat, itu doktrin zaman dulu. Penggemblengan rasa dan mentalitas dikedepankan ketika seseorang berguru. Pemanjaan makan dan fasilitas justru akan menghasilkan kebebalan. Pandangan itu tentu tidak bisa ditelan mentah-mentah di era sekarang. Akan tetapi, memadukan pandangan modern dengan nilai-nilai lama yang konstruktif perlu dilakukan.
Penyediaan fasilitas yang memadai dan makanan yang bergizi ditambah dengan penggemblengan mental yang baik, misalnya berpuasa atau jenis tirakat lain akan dapat menghasilkan generasi yang benar-benar tahan-banting. Fenomena sekarang sungguh sangat menyedihkan. Kenakalan, bahkan kebejatan moral, justru sebagian besar dilakukan oleh manusia-manusia yang makan sekolahan. Informasi dari Badan Narkoba Nasional, sebagian besar pengguna narkoba adalah mahasiswa dan anak-anak sekolah.
Bagaimana halnya dengan berpuasa dengan niat menyiasati keadaan, ngirit, berhemat untuk dapat bertahan, atau lebih halus lagi mengelola perekonomian diri?
Sudah dapat diprediksi, setelah pesta demokrasi pasti harga-harga akan berlomba-lomba merangkak naik.Parapolitisi telah berhasil mencapai tujuan, tak perlu lagi menebar rayuan, tak penting lagi berstrategi merebut hati, menaikkan harga-harga terasa sangat ringan. Ditambah lagi momentum bulan Ramadan dan menjelang hari raya menjadi penyulut naiknya harga-harga.
Dalam kondisi seperti itu, berpuasa dengan niat pertahanan tentu bukan kenaifan. Sengaja lapar dan benar-benar lapar karena tak ada yang dimakan memang berbeda. Akan tetapi, lapar bukan tujuan berpuasa. Sengsara tentu bukan tujuan tirakat. Penghayatan atas lapar memunculkan energi luar biasa untuk mengenal diri dan peduli pada sesama.
Berpuasa karena ketidakberdayaan tidak mengurangi nilai keikhlasannya. Tuhan membuka pintu lebar-lebar bagi hamba-Nya untuk berpamrih pada-Nya. Siapa tahu dengan tirakat, berpuasa, Tuhan sudi memberikan rahmat berlimpah di kemudian hari. Bandingkan dengan penggunaan logika berlebihan, misalnya karena miskin lantas tidak mau berpuasa. Miskin dijadikan alasan untuk menanggalkan perintah. Energinya ditumpahkan untuk mengejar kekayaan.
Baik yang benar-benar lapar maupun yang sengaja lapar, kiranya menarik piweling dalam ”Suluk Saridin”, yakni ngatos-ngatos ampun lena, mugiyo kasil ingkang dipun seja, tentreming ati urip kang mulya. Berhati-hatilah dalam menjalankan berpuasa, jangan terlena. Semoga benar-benar berhasil sesuai tujuan yang diidamkan. Hati yang tenteram dan hidup yang mulia. Jadi, tak apalah tirakat sebagai siasat untuk selamat.
KASKUS
Saudariku yang kuhormati, semoga keselamatan berserta berkat rahmat Allah selalu tercurah atasmu. Mari kita kaji satu persatu tentang kegiatan seperti yang diatas: Puasa mutih, puasa dengan memakan makanan tertentu, tidak tidur dalam beberapa hari, ataupun tidak keluar kamar. Mari kita bahas melalui hadits-hadits. Di bawah ini adalah puasa-puasa sunnah yang ada tuntunannya dari Rasulullah shalallahu’alayhi wassalam.
1. Puasa enam hari di Bulan Syawwal
Dari Ayyub al Anshari radhiyallaHu `anHu, Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan, kemudian diikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawwal, maka ia seperti berpuasa setahun” (HR. Muslim II/82, Abu Dawud no. 2416, at Tirmidzi no. 756 dan Ibnu Majah no.1716)
2. Puasa Hari `Arafah dan Hari `Asyura (hari kesepuluh bulan Muharram atau hari kesembilannya)
Dari Abu Qatadah radhiyallaHu `anHu, dia berkata, “Rasulullah pernah ditanya tentang puasa hari `Arafah, beliau menjawab, `Ia menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan yang akan datang’. Beliau juga ditanya tentang puasa hari `Asyura, beliau menjawab, `Ia menghapus dosa-dosa tahun lalu'” (HR. al Bukhari no. 1988, Muslim no. 1123 dan Abu Dawud no. 2424)
Dari Abu Ghathfan binTharif al Muri,iaberkata, “Aku mendengar Ibnu Abbas berkata, `Ketika Rasulullah berpuasa `Asyura dan beliau menganjurkan para sahabat untuk berpuasa, mereka berkata, `Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani’. Kemudian beliau berkata, `Kalau begitu, pada tahun depan yang akan datang kita akan berpuasa pada hari kesembilan (tasu’a) insya Allah’. Ibnu Abbas berkata, `Akan tetapi belum sampai tahun depan, Rasulullah telan meninggal dunia'” (HR. Muslim no. 1134 dan Abu Dawud no. 2428)
3. Puasa di Bulan Muharram
Dari Abu Hurairah radhiyallaHu `anHu, Rasulullah SAW. bersabda, “Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, bulan Muharram dan sebaik-baiknya shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. Muslim no. 1163, Abu Dawud no. 2412, an Nasai III/206 dan at Tirmidzi)
4. Puasa di Bulan Sya’ban
Dari Aisyah radhiyallaHu `anHa, dia berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam suatu bulan lebih banyak daripada bulan Sya’ban” (HR. al Bukhari no. 1969, Muslim no. 1156 dan Abu Dawud no. 2417)
5. Puasa Senin dan Kamis
Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid radhiyallaHu `anHu, dia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah selalu berpuasa pada Hari Senin dan Kamis, manakala beliau ditanya tentang hal tersebut, beliau menjawab, `Sesungguhnya amal-amal hamba dihadapkan pada hari Senin dan Kamis'” (HR. Abu Dawud no. 2419, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud no. 2127)
6. Puasa tiga hari dari setiap bulan Hijriyyah Dari `Abdullah bin `Amr radhiyallaHu `anHu, Rasulullah SAW. bersabda, “Puasalah tiga hari dari tiap bulan. Sesungguhnya amal kebaikkan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, sehingga ia seperti puasa sepanjang masa” (HR. al Bukhari no. 1976, Muslim no. 1159, Abu Dawud no. 2410 dan an Nasai IV/211)
Dan disunnahkan untuk menjadikan tiga hari tersebut hari ketiga belas, empat belas danlimabelas. Berdasarkan riwayat Abu Dzar radhiyallaHu `anHu, Rasulullah Rasulullah SAW. bersabda, “Wahai Abu Dzar, jika engkau ingin berpuasa tiga hari dari suatu bulan, maka puasalah pada hari ketiga belas, empat belas dan lima belas” (HR. at Tirmidzi no. 758 dan an Nasai IV/222, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih al Jaami’ ash Shaghiir no. 7871)
7. Puasa Nabi Dawud `alayHis sallam
Dari `Abdullah bin `Amr radhiyallaHu `anHu, Rasulullah SAW. bersabda, “Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Nabi Dawud, beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari” (HR. al Bukhari no. 1131, Muslim no. 1159, an Nasai III/214, Abu Dawud no. 2431 dan Ibnu Majah no. 1712)
8. Puasa pada hari kesembilan Bulan Dzul Hijjah
Diriwayatkan dari Hunaidah bin Khalid, dari istrinya, dari sebagian istri Nabi ShallallaHu `alayHi wa sallam, dia berkata, “Rasulullah berpuasa pada hari kesembilan Dzul Hijjah, Hari `Asyura, tiga hari dari setiap bulan, Hari Senin pertama dari suatu bulan dan Hari Kamis” (HR. Abu Dawud no. 2420 dan an Nasai IV/220, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud no. 2129)
Puasa mutih tidak termasuk di dalamnya, begitupun halnya puasa hanya dengan memakan makanan tertentu, tidak ada tuntunannya.
Jadi janganlah dilakukan apalagi ditambah-tambah dengan kepercayaan akan menambah keharmonisan keluarga, kepintaran, kebahagiaan, kebathinan, dll.
Hiduplah dengan cara Islam bukan seperti adat istiadat dan perbuatan mengada-adakan ibadah baru dengan tanpa tuntunan Al-Quran dan Hadits, maka perbuatan mengada-ada tersebut biasa kita namakan “Bid’ah”.
Apakah hadits tentang Bid’ah?Adaterdapat empat hadits shahih tentang Bid’ah yang saya ketahui.
1. ‘Irbadl bin Sariyah ra. mengutarakan, Muhammad Rasulullah SAW. bersabda, “Berpeganglah kalian pada sunnahku dan sunnah Khulafaur Rosyidin (Abu Bakar, Umar bin Khotob, Ali bin Abi Tholib, dan Utsman bin Affan) yang terpimpin. Peganglah dia dengan gigi-gigi taringmu, dan jauhilah oleh kalian mengada-adakan urusan baru. Sebab sesungguhnya setiap bid’ah adalah sesat”. (HR. Empat Ahli Hadits, kecuali Nasa’i)
‘peganglah dengan gigi taringmu adalah peganglah sunnah Rasulullah SAW.’
2. ‘Aisyah ra. menuturkan, Muhammad Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa mengamalkan sesuatu dalam agama ini yang tidak ada asal-usulnya dari agama ini maka tertolaklah”. (HR. Bukhari dan Muslim)
(tertolak disini adalah tidak diterima oleh Allah SWT.)
3. Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa mengamalkan sesuatu (ibadah) yang tidak ada perintahnya dari kami maka tertolaklah”. (HR. Muslim)
4. Hudzaifah ra. memberitahukan, Rasulullah SAW. bersabda, “Allah tidak akan menerima puasa ahli bid’ah, juga tidak menerima sholatnya, hajinya, umrohnya, dan jihadnya. Ia keluar dari Islam laksana seutas rambut yang keluar dari tepung”. (HR. Ibnu Majah)
Masih adakah alasan untuk menjalankan hal-hal yang bid’ah? Saya jadi teringat lagi akan firman Allah dalam:
QS 6:116 yaitu Larangan mengikuti kebanyakan orang.
Keterangan: Kebanyakan orang-orang (yang mana sekarang kebanyakan orang-orang yang menyalahkan sunnah Rasulullah SAW. daripada yang menjaga)”.
QS 31:21 yaitu Larangan mengikuti tradisi nenek moyang juga adat istiadat.
Keterangan: Keturunan/ajaran nenek moyang yang tidak berasal dari kami (Rasulullah dan para Khulafaur Rosyidin)
QS17:36yaitu Larangan bertaqliq buta dalam agama.
Keterangan: Lebih mengagungkan seseorang yang dianggap sangat hebat sehingga segala perkataannya kita terima bahkan mentah-mentah tanpa mengetahui landasan dalil Al-Quran atau As-Sunnah (Hadits) yang ada (benar).
Masalah tidak tidur beberapa hari ataupun tidak keluar kamar adalah hal yang menzalimi diri sendiri. mari kita bahas lagi:
Dibawah ini adalah hadits mengenai:
Anjuran beribadah sesuai kemampuan, Tidak menzalimi diri sendiri, dan larangan beribadah secara terus-menerus (berlebihan).
Aisyah ra. memberitahukan, bahwa apabila Rasulullah SAW. memerintahkan mereka mengerjakan amal ibadah, maka beliau menyuruh yang sesuai dengan kemampuan mereka. Lalu mereka mengatakan, “Ya Rasulullah, sesungguhnya kami tidak seperti engkau. Sebab sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang terdahulu dan yang kemudian”. Seketika wajah Rasulullah SAW. memerah menandakan beliau marah, dan bersabda, “Sungguh orang yang yang paling bertaqwa dan yang paling mengetahui tentang Allah diantara kalian adalah aku”. (HR. Bukhari)
Aisyah ra. menuturkan, bahwa Rasulullah SAW. datang untuk menggilirnya (hari dimana Rasulullah harus bersama Aisyah). Pada saat itu Aisyah sedang bersama seorang wanita.
“Siapakah wanita ini?” Tanya Rasulullah SAW.
“Ya Rasulullah, dia adalah penduduk Madinah yang paling banyak ibadahnya. Dia tidak pernah tidur malam,” Ungkap Aisyah.
Rasulullah SAW. bersabda, “Kerjakanlah ibadah menurut kemampuan kalian. Demi Allah, Dia tidak akan bosan sehingga kalian sendirilah yang bosan. Amal ibadah yang paling disukai oleh Allah SWT adalah yang dikerjakan secara terus-menerus”. (HR. Lima Ahli Hadits kecuali Tirmidzi)
Anas ra. Menceritakan, Rasulullah SAW. bersabda, “Ingatlah, demi Allah, sungguh aku orang yang paling takut dan paling taqwa kepada Allah SWT. Tetapi aku berpuasa dan berbuka, sholat dan tidur, serta menikah dengan wanita. Barangsiapa yang tidak menyukai sunnahku, maka ia bukan termasuk golonganku”. (HR. Syaikhon dan Nasa’i)
Abdullah ibnu ‘Amr ra. mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW. berkata kepadanya, “Aku telah mendengar berita bahwa engkau senantiasa sholat sepanjang malam, dan selalu berpuasa di siang harinya.”
“Ya aku mengerjakan hal tersebut,” jawab ‘Abdullah ibnu ‘Amr.
lalu Rasulullah SAW. bersabda, “Sungguh jika engkau mengerjakan hal itu niscaya matamu mengantuk dan tubuhmu lemah. Sungguh engkau berkewajiban memenuhi hak tubuhmu dan keluargamu, karena itu berpuasalah dan berbukalah, sholatlah dan tidurlah”. (HR. Syaikhon)
Aisyah ra. berkata bahwa ia pernah ditanya, “Apakah Rasulullah SAW. mengkhususkan hari-hari tertentu untuk memperbanyak ibadahnya?”
“Tidak” tegas ‘Aisyah. “Amal ibadahnya dikerjakan secara terus-menerus. Bahkan seseorang diantara kalian pasti mampu mengerjakan ibadah yang biasa dikerjakan oleh Rasulullah SAW.” (HR. Tiga Ahli Hadits)
Aisyah mengemukakan, Rasulullah SAW. pernah ditanya (oleh seseorang), “Amal apakah yang paling disukai oleh Allah?”
“Yang terus-menerus dilakukan sekalipun sedikit.” Jawab Rasulullah SAW. (HR. Syaikhon dan Tirmidzi)
Sudah jelaskah dengan pernyataan hadits-hadits diatas?
Apakah benar jika kita melakukan sesuatu yang Bid’ah disertakan menzalimi diri sendiri? Maaf tidak ada bermaksud menyinggung pihak lain, tapi saya sungguh menentang perbuatan yang seperti ini. Banyak umat Islam mengambil sebuah hadits yang terputus untuk membenarkan pendapat mereka tentang apa yang mereka kerjakan, seperti hadits dibawah ini contohnya:
“Barang siapa yang mengada-adakan urusan baru yang baik, maka baik pula pahala untuknya. Tapi barangsiapa yang mengada-adakan urusan baru yang buruk, maka buruk pula untuknya.”
Hadits tersebut banyak dipakai untuk orang-orang yang menjalankan berbagai macam bid’ah, tetapi “Mengada-adakan urusan baru” yang dimaksud diatas adalah “PERKEMBANGAN ZAMAN & TEKNOLOGI” bukan perkembangan ibadah. Terlalu banyak orang-orang yang merasa ilmu agamanya sudah sangat tinggi sehingga membuat-buat ajaran baru. Naudzubillah.
Islam pedoman utamanya adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah, jadi ibadah yang kita lakukan ya harus sesuai dengan pedoman itu. Bila kita membuat ajaran baru berarti kita bukanlah menjadi sosok seorang Muslim lagi, karena tidak ada bedanya dengan kita membuat kitab suci baru yang isinya tentang perkembangan ibadah. Hati-hati karena banyak sekali manusia yang merusak sunnah, contohnya banyak sekali.
Abu Hurairah ra. Menyampaikan, Rasulullah SAW. bersabda: “Islam pada mulanya asing, dan akan kembali asing seperti semula. Maka bahagialah kiranya (orang Islam) yang terasing.”
“Siapakah orang yang terasing itu?” tanya sahabat.
Beliau (Rasulullah SAW.) menjawab, “Orang-orang yang memperbaiki sesuatu yang telah dirusak oleh orang dari sunnahku. Dan orang-orang yang menghidupkan kembali sunnahku yang telah dirusak oleh orang lain.” (HR. Muslim, dan dinilai hadits Hasan oleh Tirmidzi)
Kita memang wajib menuruti kata orang tua (yang mungkin juga orang tua kita menuruti budaya nenek moyang atau adat istiadat kampung), tetapi patuhlah kepada orang tua hanya dalam hal-hal yang ma’ruf, kalau mengarah kepada hal-hal yang munkar ya jangan. Karena ketaatan kita yang paling utama hanyalah kepada Allah subhana wata’alaa. Semoga tulisan ini bisa membantu saudariku.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuhu ya ahlal sunnah wal jama’ah.
tuhan ku tuhan ku dan agama mu agama mu,,, islam ini la yg memegang tolenransi yg sejati,, pikir kan itu?
allah swt cuma tuhan palsu yang ngak tahu nama perempuan pertama dan ngak tahu umur adam.
tunjukan dalilnya kalau allah swt tahu, kalau ngak tahu bukanTuhan karna Tuhan maha tahu.
Surat Al-Jasiyah Ayat 16
ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﺁﺗَﻴْﻨَﺎ ﺑَﻨِﻲ ﺇِﺳْﺮَﺍﺋِﻴﻞَ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ ﻭَﺍﻟْﺤُﻜْﻢَ ﻭَﺍﻟﻨُّﺒُﻮَّﺓَ ﻭَﺭَﺯَﻗْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻄَّﻴِّﺒَﺎﺕِ ﻭَﻓَﻀَّﻠْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ
Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Bani Israil Al Kitab (Taurat), kekuasaan dan kenabian dan Kami berikan kepada mereka rezeki-rezeki yang baik dan Kami lebihkan mereka atas bangsa-bangsa (pada masanya).
Bani Israil diberikan kekuasaan dan kenabian.
Tunjukan dalilnya kalau allah swt berkata bangsa arab diberikan kekuasaan dan kenabian ?
Para nabi asli bani Israil, Tuhanya dalam bahasa Ibrani YHVH, tidak ada allah dalam Taurat Ibrani karna allah bukan Tuhan.
Surat Maryam Ayat 17
ﻓَﺎﺗَّﺨَﺬَﺕْ ﻣِﻦْ ﺩُﻭﻧِﻬِﻢْ ﺣِﺠَﺎﺑًﺎ ﻓَﺄَﺭْﺳَﻠْﻨَﺎ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺭُﻭﺣَﻨَﺎ ﻓَﺘَﻤَﺜَّﻞَ ﻟَﻬَﺎ ﺑَﺸَﺮًﺍ ﺳَﻮِﻳًّﺎ
maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.
Jibril cuma satu menjadi manusia.
Tuhan kristen cuma satu menjadi manusia.
Tuhan menjadi manusia yaitu Yesus.